Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Amalan Di Malam Istimewa Nisfu Sya'ban

Malam Nisfu Sya'ban
Iustrasi Amalan Malam Nisfu Sya'ban oleh İbrahim Mücahit Yıldız / Pixabay

Malam Nisfu Sya'ban merupakan malam yang sangat istimewa, Karena pada malam tersebut semua dosa dosa yang telah manusia perbuat akan di ampuni oleh Allah Swt. Oleh karna nya sebagai umat muslim hendaknya untuk meperbanyak amalan amalan pada malam tersebut.

Malam Nisfu Sya'ban tahun 2021 ini yang jatuh tepat pada 15 syaban atau pada tanggal  27 hingga 28 Maret 2021. Syyid Muhammad Alawi Al-Maliki dalam kitab Madza fi Sya'ban merinci, Setidaknya ada tiga amalan penting yang bisa dilakukan pada malam Nifsu Sya'ban.

Siti Aisyah menceritakan, Bahwa Anbi pernah pergi pe pekuburan Baqi, lalu baginda mendungak ke langit dan Berkata : Sesungguhnya Allah menurunkan RahmatNya ke langit dunia pada malam Nisfu Sya'ban, Lalu mengampini dosa hamba hambaNya lebih ramai dari bilangan bulu bulu kambing Bani Killab.

Hal lainnya juga disampaikan oleh Imamuna As Syafii Rahimahullah

Telah sampai pada kami bahwa dikatakan, sesungguhnya doa dikabulkan pada lima malam yaitu: Malam Juma'at, Malam Hari Raya 'Aidil Fitri, Malam Raya Adha, Malam pertama dibulan Rajab, dan Malam Nisfu Sya'ban.

Beberapa amalan amalan tersebut adalah

Membaca Surah Yasin 3 Kali

Amalan yang pertama yakni membaca surah yasin sebayak 3 kali denga masing masing di akhir pembacaan meminta di pajangkan umur, diberi rezeki yang halal, dan meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

Membaca Sebanyak Mungkin Kalimat Syahadat

Untuk amaln yang kedua, hendaknya kita membaca sebanyak banyak mungkin  dua kalimat syahadat atau kalimat Lailaha illa-Llah Muhammadan Rasulull-Llah.

Memperbanyak Istighfar

Meperbanyak membaca istighfar karena tidak ada satupun manusia yang  bersih dari dosa dan salah.

itulah beberapa amalan yang bisa dilakukan pada saat malam Nisfu Sya'ban bagi umat muslim.


Post a Comment for "3 Amalan Di Malam Istimewa Nisfu Sya'ban"