Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siap Siap China Kini Bakal Punya Stasiun Antariksa Baru

Stasiun Angkasa China
Ilustrasi Stasiun Luar Angkasa oleh Reimund Bertrams / Pixabay

China National Space Administration (CNSA) bersiap untuk meluncurkan "Tianhe", Modul pertama stasiun antariksa baru china atau yang biasa dikenal sebagai "Tiangong". Menggonakan roket Long March 5B dari Wenchang Satellite Launch Center di Wenchang, Hainan pada tanggal 29/042021 mendatang.

Peluncuran ini menandakan dimulainya pembangunan stasiun antariksa baru tersebut dan akan menjadi peluncuran dengan muatan terberat di abad 21 ini.

Sebelas misi telah direncanakan CSNA setelah peluncuran modul tianhe untuk menyelesaikan pembangunan Tiangong, Diantaranya 2 misi  peluncuran modul berikutnya, 4 misi peluncuran kargo, dan 4 misi peluncuran taikonaut, Yakni sebuatan untuk stronot china.

Tiangong sendiri nantinya terdiri dari modeul tianhe dari modul pusat dengan modul lab Wentien dan Mengtian disisinya, Serta akan ada juga teleskop laur angkasa Xuntian yang akan mengorbit bumi di ketinggian rata-rata 393 km dengan kemiringan orbit 42.

Modul Wentian dan Mengtian merupakan modul laboratorium dengan panjang 14,4 meter, diameter 4,2 meter, dan bobot 20 ton, Dan akan digunakan untuk penelitian ilmiah di bidang ilmu biologi, fisika, dan lainnya.

 Sedangkan Xuntian sendiri merupakan teleskop optik luar angkasa ber diameter 2 meter dengan Field of View (FoV) yang 300 kali lebih besar dari teleskop luar angkasa Hubble.

Di tahun 2022, akan ada kaspul berawak Shenzhou-13 yang akan meluncur dan modul wentian yang menjadi modul lab pertama yang diluncurkan untuk bergabung dengan tiangong, Lalu diikuti oleh peluncuran modul mengtian. Modul terakhir yang dipasang di tiangong akan menandai selesainya pembangunan stasiun antariksa baru negeri tirai bambu tersebut.

Sedangkan untuk teleskop luar angkasa Xuntian sendiri baru akan diluncurkan pada tahun 2024 nanti. Kedepannya Tiangong akan terus diisi oleh para taikonaut atau bahkan mungkin astronot dari negara lain, Yang akan dikirim secara berkala.

Ada beerapa negara yang telah menandatangani kerjasama dengan china untuk berpartisipasi dalam menjalankan eksperimen ilmiah yang dilakukan di Tiangong diantaranya seperti Swiss, Polandia, Jerman, Arab Saudi, Norwegia, Prancis, Belanda, Peru dan Spanyol.

Post a Comment for "Siap Siap China Kini Bakal Punya Stasiun Antariksa Baru"