Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terbantai Dan Tersingkirnya Suku Asli Amerika

Perang Antara Suku Indian dan Amerika
Perang Antara Suku Indian dan Amerika, Foto HistoryCollection

Tahun 1776 Masehi lalu, Kongres Kontinetal mengeluarkan deklarasi kemerdekaan Amerika yang ditandatangani oleh Thomas Jefferson.Peristiwa kemudian yang selanjutnya menjadi hari kemerdekaan Amerika Serikat.

Hal itu lah yang kemudian menyebabkan, Amerika Serikat dari negara berkoloni kecil, Yang menjelma menjadi kekuatan dominan di Amerika.

Demi memperluas wilayahnya itu, Amerika pun berekspansi dan meng genosida Suku Indian yang memiliki tanah yang luas dan kaya akan sumber daya alamnya.

Sebelum adanya kemerdekaan atas Amerika Serikat saat itu, Suku Indian telah lebih dulu menjaga tanah mereka dari inscaran para penjajah seperti Bangsa Eropa. Namun setelah adanya ekspansi Amerika pada Suku Indian yang terjadi di abad 18, Akhirnya terjadi pecah perang.

Salah satu perang yang paling terkenal adalah Perang Apache, Suku Indian saat itu dipimpin oleh sosok yang legendaris yakni, Geronimo. Perang yang berlangsung dari tahun 1951P

Perang ini dimulai, ketika datangnya penetap amerika serikat, Hingga tahun 1886, yang kemudian Suku yang dipimpin oleh Geronimo tersebut menyerah. Yang menyebabkan mereka terusir dari tanah miliknya sendiri.

Saat ini 1,5 juta orang Indian Amerika Serikat hidup di reservat yang mereka kelola sendiri. Seperti salah satunya yaitu Reservat  Navajo, Yang terdiri atas daerah seluas Enam Juta hektar di Arizona, New Mexico, dan Utah.

Baru-baru ini juga beberapa berita beredar yang mengatakan, Suku indian di wilayah pesisir barat laut pasifik, Berhasil memprotes dan memperoleh tanahnya kembali.

Post a Comment for "Terbantai Dan Tersingkirnya Suku Asli Amerika "