Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Sosok Dibalik Berdirinya Zionis Israel Yang Menyerukan Imigrasi Ditanah Palestina

Sosok Dibalik Berdirinya Zionis Israel
Sosok dibalik berdirinya Zionis Israel. Foto oleh Zoltan Kluger via Getty Images.

Pendiri Israel David Ben Gurion yang sekaligus menjabat sebagai Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan. David menjabat sebagai Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Pertama israel dalam dua kali masa jabatannya.

Setelah Perang Dunia I dimulai, David dideportasi oleh kesultanan Turki Ottoman dan meninggalkan Timur Tengah menuju Kota New York, AS. Disana, dia bertemu dengan seorang gadis bernama Paula Monbesz yang merupakan penganut gerakan Zionis, dan mereka kemudian menikah.

Pemerintahan Inggris menetapkan Deklarasi Balfour, dan menjanjikan orang Yahudi sebuah tanah di negeri Palestina. setelah dibebaskan, David kemudian kembali ke timur tengah dan bergabung dalam perang melawan Kesultanan Turki Ottoman yang berada di Palestina.

Setelah kesultanan Turki Ottoman runtuh dan berganti menjadi Republik Turki, david menyerukan kepada orang orang Yahudi untuk bermigrasi secara besar besaran ke Palestina.

Dengan demikian ia menciptakan landasan untuk mendirikan negara Yahudi pertama di dunia. pada tahun 1935, David menjadi ketua Zionis Executive, pemimpin gerakan Zionisme didunia.

Seiring berjalannya waktu dan semaikn banyknya warga Yahudi yang datang ke Palestina, membuat banyak warga Palestina mulai merasa risih sehingga sering kali terjadi bentrok diantara kedua kubu tersebut.

Ketika Perang Dunia II akan segera dimulai dan menurut David, peristiwa tersebut menjadi momen yang sangat penting bagi dia. dan akhirnya pecah Perang Dunia II pada tahun 1939. Kemudian pada tahun 1942, David dan para Petinggi Zionis lainnya berkumpul dan memutuskan bahwa mereka akan membentuk Negara Yahudi di tanah Palestina setelah berakhirnya Perang Dunia.

Dan kemudian pada bulan Mei 1948, dalam sebuah sidang Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet secara resmi menyetujui untuk pemberntukan negara Israel. Di bulan yang sama juga David Ben Gurion resmi menjadi Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Pertama Israel.

Post a Comment for "Inilah Sosok Dibalik Berdirinya Zionis Israel Yang Menyerukan Imigrasi Ditanah Palestina"