Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Presiden Jokowi Buat Markas Avengers Di Papua

Monumen Kapsul Waktu
Monumen Kapsul Waktu. foto oleh Kementrian PUPR.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan markas Avengers alias Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua. Hal yang membuat monumen tersebut mendapat julukan Avengers, karena Monumen Kapsul Waktu tersebut mirip dengan logo film besutan Marvel yaitu Avengers.

Luas monumen ini mencapai 2,5 hektar, yang terdiri dari 1 hektar area monumen dan 1,5 hektar sisanya digunakan sebagai alun alun kota. Didalam kapsul tersebut terdapat "Kapsul Mimpi".

Karena di dalamnya terdapat sebuah Kapsul yang berisi 238 tuliasan tentang mimpi dan harapan anak anak indonesia untuk masa depan. Yakni 70 tahun yang akan datang.

Total pembangunan untuk Monumen Kapsul tersebut juga terbilang besar, yakni dengan jumlah besaran mencapai Rp. 89,9 miliar. Pembangunan tersebut juga merupakan ide dari Presiden Jokowi.

Jokowi merencanakan ide membangun Monumen Kapsul tersebut dalam rangka untuk memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 70 tahun kemerdekaan. Lokasi monumen tersebut berada di depan Kantor Bupati Merauke, yang tidak jauh dari Bandara Mopah.

Jadi jika kamu ingin pergi ke Merauke menggnakan pesawat, maka kamu akan dapat melihat monumen ini ketika pesawat akan mendarat di bandara. Monumen tersebut juga memiliki 5 Pintu Masuk yang menarik.

Jumlah 5 pintu masuk tersebut sesuai dengan dengan jumlah suku di Merauke yaitu Malind, Muyu, Mandobo, Mappi dan Auyu. Bangunan tersebut juga merupakan bangunan yang sarat akan Filosofis.

Desain Arsitektur monumen yang dibuat oleh arsitek kenamaan indonesia yakni Yori Antar. Monumen tersebut memilik lebar 17 meter, tinggi 8 meter, dan panjang 45 meter. Angka tersebut sesuai dengan tanggal kemerdekaan indonesia yaitu pada 17 agustus 1945.

Monumen ini diharapkan dapat menjadi salah satu destinasi wisata sejarah favorit di merauke dan dapat meningkatkan kunjungan wisata indonesia, khususnya di daerah daerah perbatasan.

Post a Comment for "Presiden Jokowi Buat Markas Avengers Di Papua"