Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Komposisi Warna Brilian Untuk Cat Dan Lainnya

komposisi warna
Contoh Komposisi Warna

Warna adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Warna adalah elemen yang paling hidup, komunikatif dan mencolok yang kita miliki. Warna dapat membangkitkan perasaan dan menginspirasi kita untuk melakukan sesuatu.

Warna dapat membuat kita merasa bahagia, dapat membuat kita merasa sedih, namun yang paling penting warna adalah sesuatu yang dibutuhkan setiap orang dalam hidup mereka.

Komposisi warna adalah aspek penting dalam seni. Cara warna disusun dalam lukisan atau desain bisa menciptakan keharmonisan atau ketidakseimbangan.

Artikel ini akan membantu Anda mempelajari cara menggunakan komposisi warna untuk menciptakan karya yang seimbang dan harmonis.

Baca juga: Manfaat dan Efek Samping Laser Picosure

Penjelasan dan Contoh Komposisi Warna Terbaik

Kombinasi warna adalah cara yang bagus untuk mengambil warna yang bisa digunakan bersama dalam suatu pakaian. Ini terlihat fantastis ketika dikombinasikan dengan warna putih, hitam dan abu-abu. Kombinasi warna-warna ini sangat ideal untuk pria yang ingin mengenakan sesuatu yang sedikit berani tetapi tidak terlalu mencolok.

Kombinasi Warna Cat Rumah dll

1. Kuning dan abu-abu

Kuning dan abu-abu adalah salah satu kombinasi warna yang paling populer. Warna ini merupakan pilihan tepat untuk dapur dan kamar mandi karena membuat kedua ruang terasa cerah, ceria, dan mengundang.

Abu-abu adalah warna netral yang tenang yang dapat melengkapi warna lainnya. Warna ini memungkinkan Anda untuk menambahkan semburat warna kuning tanpa membuatnya terlalu terang atau berani. Cara terbaik untuk memadukan kedua warna ini? Gunakan keduanya dalam warna yang berbeda agar tidak saling bersaing--Anda tidak ingin semua peralatan dapur Anda dicat kuning!

2. Abu-abu dan cokelat

Bagian abu-abu dan cokelat

Abu-abu adalah warna netral. Warna ini tidak hangat maupun sejuk, sehingga bisa dipadukan dengan baik dengan keduanya. Cokelat adalah warna yang hangat, sehingga cocok dipadukan dengan warna abu-abu. Sebagai contoh:

  • Dinding abu-abu + perabot berwarna cokelat
  • Karpet abu-abu + kursi cokelat

3. Merah dan hitam

Merah dan hitam adalah warna yang saling melengkapi, yang berarti keduanya berseberangan pada roda warna. Hal ini membuat keduanya menjadi kombinasi klasik yang bisa digunakan untuk menciptakan desain yang berani dan dramatis.

Skema warna merah-hitam biasanya digunakan pada pakaian dan aksesori mode tinggi seperti tas dan sepatu. Skema warna ini juga terlihat pada seragam olahraga dan perlengkapan atletik lainnya seperti sepatu, sarung tangan dan helm.

Baca juga: Penjelasan Cimi Untuk Kehamilan Perempuan

4. Putih dan hitam

  • Putih dan hitam adalah kombinasi yang bagus untuk kamar tidur. Skema warnanya klasik, elegan dan canggih.
  • Putih dan hitam adalah kombinasi yang bagus untuk kamar mandi. Ini akan membuat kamar mandi Anda terlihat segar, bersih dan mengundang.
  • Putih dan hitam adalah skema warna kantor yang bagus karena profesional dan juga bergaya! Anda dapat dengan mudah menambahkan semburat warna merah atau biru untuk menciptakan kegembiraan di ruang kerja Anda tanpa merasa terlalu aneh di tempat kerja dengan menggunakan satu atau dua karya seni di dinding Anda yang menggabungkan warna-warna itu ke dalamnya (seperti karya ini di sini).
  • Hal yang sama berlaku untuk dapur; lemari putih dengan perangkat keras hitam akan membuat dapur terlihat modern sekaligus memberikan kontras antara permukaan yang berbeda seperti meja dapur dengan backsplash - dan juga memastikan tidak ada yang tersesat di antara semua peralatan lainnya!

5. Biru dan abu-abu

Biru dan abu-abu adalah skema warna pelengkap yang paling umum. Warna ini juga bagus untuk skema warna perusahaan, desain kamar mandi, dan dekorasi kamar tidur.

  • Biru dan abu-abu dapat digunakan untuk menciptakan tampilan yang kohesif di seluruh ruang rumah atau kantor Anda.
  • Jika Anda mencari sesuatu yang lebih halus daripada biru, cobalah memasangkannya dengan warna abu-abu lain, bukan hitam atau putih - ini akan membuat ruangan tampak lebih hangat secara keseluruhan.

6. Hijau dan merah

Hijau dan merah adalah warna yang saling melengkapi. Warna-warna komplementer berseberangan pada roda warna dan memiliki kontras yang tinggi, yang memberikan dampak visual yang kuat apabila ditempatkan bersebelahan.

Hijau dan merah, khususnya, sangat cocok dipadukan karena kedua warna ini merupakan warna hangat yang menyampaikan energi dan kegembiraan - itulah sebabnya mengapa ini adalah kombinasi warna yang umum di alam (pikirkan dedaunan musim gugur).

Berikut ini beberapa contoh cara menggunakan warna hijau/merah:

Kita bisa memadukan 4 warna untuk membuat kombinasi warna yang terlihat hebat. Anda bisa mencampur empat warna untuk menciptakan kombinasi warna yang tampak hebat.

Komposisi Warna Cat dan Macam Kegunaannya

Komposisi warna digunakan untuk menciptakan harmoni dan keseimbangan dalam lukisan atau desain.

Komposisi warna adalah pengaturan warna dalam suatu karya seni. Hal ini digunakan untuk menciptakan keharmonisan dan keseimbangan dalam lukisan atau desain.

Penempatan warna-warna yang saling melengkapi di samping satu sama lain memberikan efek yang menarik pada lukisan, sementara menempatkan warna-warna yang kontras secara berdampingan menciptakan drama dan ketegangan.

Cara termudah untuk mulai memahami komposisi warna adalah dengan mempelajari roda warna: merah, kuning dan biru membentuk semua warna lain dalam spektrumnya (hijau berasal dari pencampuran biru dengan kuning).

Cyan/biru-hijau; magenta/ungu-merah; oranye/kuning-jingga adalah pasangan warna sekunder yang berasal dari warna primer yang digabungkan bersama pada sudut yang tepat pada sistem kisi-kisi imajiner yang disebut triad tersier."

Komposisi adalah menciptakan lingkungan yang seimbang dan tidak berantakan dengan mengatur berbagai elemen dalam karya seni.

Komposisi adalah pengaturan berbagai elemen dalam suatu karya seni. Komposisi kadang-kadang disebut "disposisi," yang berarti cara di mana sesuatu diatur atau diorganisir.

Dalam seni, komposisi mengacu pada bagaimana elemen-elemen diatur dalam sebuah karya seni; misalnya, dapat dikatakan bahwa gambar seorang seniman memiliki komposisi yang baik karena menggunakan bentuk dan garis untuk menciptakan keseimbangan dan ritme.

Komposisi juga bisa merujuk secara khusus pada penempatan figur dalam sebuah gambar serta pencahayaannya (cara pencahayaan).

Komposisi bisa statis atau dinamis; komposisi statis mencakup lanskap, sedangkan komposisi dinamis menunjukkan gerakan seperti potret atau adegan aksi dari film!

Keseimbangan tercipta ketika ada jumlah ruang positif dan negatif yang sama dalam lukisan atau desain. Ruang positif adalah area di mana subjek lukisan berada, sementara ruang negatif mengacu pada segala sesuatu yang ada di sekelilingnya.

Komposisi yang seimbang akan memberikan hasil yang menyenangkan secara estetika, sementara komposisi yang tidak seimbang dapat membuat karya Anda terlihat tidak teratur atau kacau.

Jika Anda ingin belajar cara membuat desain yang menarik secara visual tanpa harus mencemaskan tentang tampilannya setelah selesai, maka keseimbangan harus menjadi salah satu prioritas utama Anda!

Komposisi warna kunci tinggi memiliki sebagian besar warna terang dan warna kunci rendah memiliki sebagian besar warna gelap.

Langkah berikutnya adalah memutuskan komposisi warna seperti apa yang Anda inginkan. Komposisi high-key menggunakan berbagai macam warna, sedangkan komposisi low-key hanya menggunakan rona terang atau gelap.

Komposisi yang pertama pada umumnya lebih cerah dan lebih ceria daripada komposisi yang kedua, yang cenderung ke arah kesuraman (meskipun hal ini tidak selalu benar).

Tujuan komposisi adalah untuk menciptakan keseimbangan dan keharmonisan dalam karya seni Anda dengan mengatur komponen-komponennya ke dalam pola yang menyenangkan yang menarik perhatian ke tempat yang Anda inginkan, sekaligus mengalihkan perhatian dari bagian lain yang dapat mengurangi fokus seseorang pada hal yang paling penting, yaitu, subjek foto Anda!

Komposisi yang kuat selalu menyertakan setidaknya satu titik fokus penting yang menarik perhatian mata ke dalam lukisan tanpa terlihat berlebihan.

Titik fokus bisa berupa objek, orang, atau hanya area warna. Ukuran titik fokus Anda harus proporsional dengan segala sesuatu yang lain dalam lukisan Anda dan letakkan di dekat bagian tengah kanvas atau kertas sehingga tidak terlihat seperti Anda secara tidak sengaja menjatuhkan sesuatu di sana dan melupakannya saat mengerjakan bagian lain dari karya Anda.

1. Cumi-cumi Humboldt

Cumi-cumi Humboldt adalah spesies cumi-cumi dalam genus monotip Dosidicus. Cumi-cumi ini memiliki ciri khas sirip yang besar dan khas serta warna hitam-putih yang mencolok. Spesies ini telah diamati pada kedalaman hingga 1.000 m (3.300 kaki), tetapi biasanya berada di kedalaman antara 100 dan 200 m (330 dan 660 kaki).

Cumi-cumi Humboldt memiliki komposisi warna yang sangat menyenangkan. Warna-warna tersebut diatur sedemikian rupa sehingga saling melengkapi dengan baik dan menciptakan gambar yang menyenangkan secara estetika ketika diambil bersama dengan semua variasi dan corak yang berbeda.

2. Siput Laut Biru Elektrik

Warna biru elektrik siput laut sungguh mengagumkan. Warna-warna siput laut sangat indah dan menyenangkan untuk dilihat, terutama saat Anda berada di pantai bersama keluarga atau teman.

3. Warna Tahun Ini versi National Geographic

National Geographic Society telah mendeklarasikan warna tahun ini. Nama resminya adalah "Living Coral", tetapi Anda mungkin mengenalnya sebagai warna oranye-merah yang berani dan cerah yang telah melanda dunia mode di media sosial dan lainnya.

Mungkin sulit untuk melacak semua warna ini - terutama ketika mereka begitu cerah dan bersemangat! Berikut adalah beberapa tips untuk mengikuti tren ini:

  • Jangan khawatir untuk menghafalkan semuanya sekaligus; fokuslah untuk mempelajari satu warna baru setiap minggunya hingga Anda memiliki gudang pengetahuan yang akan membantu Anda tampil beda dari yang lain (dan membuat semua orang di sekitar Anda terkesan).

4. Warna Pantone tahun 2019

Warna Tahun 2019 Pantone adalah Living Coral, warna cerah dan optimis yang membangkitkan kegembiraan, kehangatan, dan energi musim panas.

Living Coral juga merupakan warna yang mengingatkan kita untuk menikmati hidup dan keindahannya. Masyarakat umum dapat membeli produk dengan warna ini di toko-toko ritel mulai Januari 2020.

5. Siput Laut Hijau Zamrud

Siput laut hijau zamrud adalah contoh yang indah dari kemampuan alam untuk menciptakan komposisi warna yang menakjubkan. Warna tersebut merupakan hasil mutasi genetik, yang memberikan rona khas pada kerang ini. Warna hijau ini diberi nama "hijau siput" karena mengingatkan kita pada makhluk yang hidup di bawah air, tetapi juga bisa disebut "hijau siput laut" atau bahkan "hijau".

Komposisi warna yang ditemukan pada siput laut hijau zamrud sungguh unik--sejauh yang kami ketahui, tidak ada jenis makhluk lain yang memiliki kombinasi warna dan nada yang sama seperti ini!

Baca lainnya: Pengertian Quality Control dan Fungsinya

Kesimpulan

Warna sangat menyenangkan. Warna ada di mana-mana, dan menyenangkan.

Warna adalah bagian dari kehidupan kita, digunakan untuk mengekspresikan emosi dan perasaan, ide dan konsep - dan warna bisa membuat orang bahagia!

Konsep komposisi warna merupakan aspek penting dalam seni. Hal ini bisa digunakan untuk menciptakan lingkungan yang seimbang dan tidak berantakan, atau bisa juga digunakan untuk efek dramatis.

Komposisi warna menggambarkan bagaimana berbagai elemen yang berbeda diatur dalam suatu karya seni, termasuk bentuk, garis dan perubahan nilai.

Komposisi warna adalah aspek penting dalam seni. Warna digunakan untuk menciptakan harmoni dan keseimbangan dalam sebuah lukisan atau desain.

Komposisi adalah menciptakan lingkungan yang seimbang dan tidak berantakan dengan mengatur berbagai elemen dalam sebuah karya seni. Keseimbangan tercipta ketika ada jumlah ruang positif dan negatif yang sama dalam sebuah lukisan atau desain.

Komposisi warna kunci tinggi memiliki sebagian besar warna terang dan warna kunci rendah memiliki sebagian besar warna gelap

Dunia ini penuh dengan warna-warna yang indah dan kita beruntung bisa melihatnya. Sungguh menakjubkan betapa banyaknya warna yang berbeda dan bagaimana mereka bisa membuat kita merasa. Jadi, lain kali jika Anda terjebak macet atau hanya membutuhkan sesuatu yang lain untuk dilihat selain empat dinding kamar tidur Anda, cobalah menengadah ke langit!

Post a Comment for "Kumpulan Komposisi Warna Brilian Untuk Cat Dan Lainnya"