Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Dan Gerakan Tari Rampak

  

Tari Rampak
Tari Rampak Khas Pulau Jawa

Rampak adalah tarian rakyat tradisional dari Pulau Jawa, Indonesia. Tarian rampak diiringi oleh gamelan, sebuah orkestra yang terdiri dari alat musik perkusi. Tari Rampak terbentuk dan berkembang di Gresik, Jawa Timur.

Pada tahun 1995, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan bahwa tari Rampak harus diajarkan di sekolah-sekolah sebagai bagian dari kurikulum. Saat ini ada beberapa variasi tari Rampak di Pulau Jawa

Gerakan Tari Rampak

Tari Rampak adalah tarian rakyat tradisional dari Jawa, Indonesia. Rampak juga dikenal sebagai Ramayana dan diiringi oleh orkestra gamelan. Para penari mengenakan kostum yang rumit yang menggambarkan adegan-adegan dari puisi epik Hindu Ramayana.

Tarian Rampak diiringi oleh gamelan, sebuah orkestra yang terdiri dari alat musik perkusi. Gamelan adalah orkestra tradisional dari Jawa, Indonesia.

Terdiri dari alat musik perkusi seperti gong dan gendang yang dimainkan bersama dengan alat musik lainnya seperti seruling dan biola untuk menciptakan suara yang khas.

Musik gamelan digunakan untuk mengiringi tarian Rampak dan juga tarian tradisional lainnya seperti wayang kulit, joged bumbung, tari topeng, dan barongsai.

Tari Rampak terbentuk dan berkembang di Gresik, Jawa Timur. Nama "rampak" berasal dari kata rampok yang berarti "mencuri".

Sejarah Tari Rampak

Pada tahun 1995, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan bahwa tari Rampak harus diajarkan di sekolah-sekolah sebagai bagian dari kurikulum. Sejak saat itu, telah banyak upaya untuk melestarikan kesenian tradisional ini melalui berbagai festival dan kompetisi.

Selain ditampilkan di festival dan kompetisi oleh penari profesional, tari Rampak juga ditampilkan oleh siswa-siswa di sekolah dasar di seluruh Indonesia.

Macam - Macam Tari Rampak

Saat ini ada beberapa variasi dari tari Rampak di Jawa, Indonesia.

Tari Rampak adalah tarian rakyat tradisional dari Jawa, Indonesia. Tarian ini dibentuk dan dikembangkan di Gresik, Jawa Timur oleh masyarakat Sunda. Nama "Rampak" berasal dari kata "prak" yang berarti "melompat".

Orkestra gamelan terdiri dari alat musik perkusi seperti gendang, cendrawasih (sepasang tabung bambu), rindik (simbal), kendang bumbung atau kempli (bass drum) dan terkadang suling.

Tari Rampak adalah tarian rakyat tradisional dari Jawa, Indonesia. Kata 'Rampak' berarti 'persembahan'. Tarian Rampak diiringi oleh gamelan, sebuah orkestra yang terdiri dari alat musik perkusi seperti gong dan gendang.

Tarian ini dibentuk dan dikembangkan di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, Indonesia pada masa penjajahan Belanda (abad ke-16 dan 17), namun asal-usulnya masih belum diketahui secara pasti.

Kesimpulan

Tari Rampak adalah tarian tradisional dari Jawa, Indonesia. Tarian ini diiringi oleh gamelan, sebuah orkestra yang terdiri dari alat musik perkusi. Tari Rampak dibentuk dan dikembangkan di Gresik, Jawa Timur.

Pada tahun 1995, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan bahwa tari Rampak harus diajarkan di sekolah-sekolah sebagai bagian dari kurikulum. Saat ini ada beberapa variasi tari Rampak di Jawa, Indonesia

Post a Comment for "Sejarah Dan Gerakan Tari Rampak"