Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia Sebabnya Asal Usul Sebutan Warga +62

Warga +62
Gambar Peta Indonesia oleh Michael Gaida / Pixabay

Beberapa tahun belakangan ini istilah Warga +62 sering muncul di linimasa media sosial dan pemberitaan. Tapi apa kamu sudah tau istilah tersebut yang makin lama makin eksis. Istilah tersebut populer di media sosial dan digunakan biasanya untuk menggambarkan prilaku unik, aneh, lucu, nyeleneh untuk warga atau masyarakat indonesia yang memiliki kode telfon negara +62.

Berberapa orang hanya tau kalau +62 tersebut merupakan kode nomor telepon indonesia. Dan kebanyakan dari mereka tidak tau, Kenapa indonesia bisa memiliki angka atau kode insternasional +62 tersebut. Hal tersebut tentunya membuat pertanyaan, Kenapa indonesia tidak mendapatkan kode telepon internasional +63, +64, atau kode lainnya? mengapa harus +62.

Tak sedikit pula beberapa orang mengkait kaitkan nya dengan tanggal kemerdekaan negara indonesia yakni 17 agustus 1945. Memang 17 + 45 akan menghasilkan angka 62, Tapi hal tersebut tidak ada kaitannya dengan tanggal kemerdekaan bangsa ini.

Sebernarnya sejarah awal indonesia bisa mendapatkan kode telepon internasionl tersebut, yakni daftar kode telepon internasional tersebut di atur oleh organisasi bernama I.T.U atau (International Telecominication Union) sejak tahun 1956. I.T.U sendiri merupakan organisasi dibawah naungan PBB (UN) yang berfungsi untuk mengatur telekomunikasi di dunia.

Pada tahun 1964 dirapikan kembali memalui buku panduan baru yang disebut blue book. Panduan tersbut membagi dunia dalam sembilan zona besar dan kode negara mengikuti nomer zona tersebut. Sejak saat itulah koneksi telepon dan telegraf mulai tersambung secara global.

Jadi kode telepon tiap negara didunia diatur berdasarkan zona dan sub zona nya. Angka pertama adalah zona wilayah, dan angka berikutnya adalah angka sub zona negara. dari zona satu hingga sembilan, kawasan asia pasifik mendapatkan nomor zona enam (6) yang termasuk indonesia didalamnya.

Lalu indonesia bisa mendapatkan kode telepon +62, Karena indonesia masuk dalam kawasan asia pasifik jadi mendapat angka 6 lalu angka 2 diperoleh karena indonesia memiliki angka sub zona dua, Jadi dari sinilah kenapa indonesia bisa mendapatkan kode telepon negara dengan +62. Yang kemudian saat ini berkembang menjadi meme atau sebutan warga dan netizen +62.

Post a Comment for "Ini Dia Sebabnya Asal Usul Sebutan Warga +62"