Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Unik Telur Pitan, Telur Yang Berumur Ribuan Tahun

Telur Pitan
Gambar Telur Pitan atau Biasa Disebut Century Egg yang Telah Disajikan Oleh NextShark.com

Telur Pitan sendiri merupakan salah satu makanan khas tiongkok yang sebenarnya hanya diawetkan. Menurut kepercayaan masyarakat tiongkok dahulu, ada seorang petani dari provinsi Hunan yang menemukan sebutir telur yang terpendam dalam lumpur.

Ternyata akibat terpendam lumpur tersebut sehingga telur bisa menjadi awet. Dan untuk waktu lama pengawetanya sebenarnya tidak sampai 1000 tahun. Lama proses mulai dari 10 hari saja jika cuaca sedang panas, dan 1 bulan jika cuaca sedang dingin.

Telur yang digunakan biasanya adalah Telur Bebek, Akan tetapi Telur Ayam juga dapat digunakan. Nantinya telur-telur tersebut akan dilumuri dengan campuran lumpur, teh, garam, batu kapur, abu kayu, ataupun sekam padi. Yang hampir mirip dengan proses pembuatan telur asin kalau di indonesia.

Yang membuat warnanya bisa menjadi hitam, Karena ada campuran lumpurnya. sebab campuran lumpur tersebut mengandung senyawa alkalin tinggi, Sehingga meningkatkan pH atau tingkat keasaman serta memecah komponen lemak dan protein dalam telur.

Selain itu, lumuran lumpur tersebut juga mengubah kuning telurnya menjadi creamy dan berwarna hijau kehitam-hitaman. Putih telurnya pun juga bertekstur seperti jeli dengan warna hitam-cokelat.

Meskipun rasanya aneh, Namun kadar protein telur pitannya tinggi. Dikatakan juga jika putih telurnya tidak memiliki rasa yang aneh. Tapi jika bagian kuning telurnya berasa seperti tanah dengan bau amonia dan belerang yang kuat.

Meskipun demikian, Proses pengawetan tersebut dipercaya dapat meningkatkan kadar protein dan menurunkan kadar karbohidrat dalam telur sehingga century egg dipercaya lebih bernutrisi ketimbang telur biasa.

Namun jika kamu ingin memakannya secara langsung. Biasanya century egg dimakan bersama acar akar jahe atau potongannya ditaburi diatas bubur nasi yang hangat.Selain itu masyarakat Tiongkok biasanya menyantap telur pitan di saat perayaan spesial tertentu, Salah satunya saat pesta pernikahn.

Post a Comment for "Fakta Unik Telur Pitan, Telur Yang Berumur Ribuan Tahun"