Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indonesia Lakukan Uji Coba Tank Boat Pertama Di Dunia

#
Uji Coba Tank Boat Antasena. Foto oleh PT. PINDAD

Indonesia saat ini tengah melakukan uji coba armada tempurnya yakni Kapal Tank atau Tank Boat pertama di dunia. Pengujian tersebut dilakukan indonesia melalui perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pembuat produk militer dan komersial, yaitu PT. PINDAD.

Uji coba yang berlangsung pada Sabtu (22/05/2021) tersebut, menunjukkan jika Tank Boat buatan indonesia yang diberi nama Tank Boat Antasena, telah sukses menjalani serangkaian uji, yang diawali dengan Sea Trial dari Dermaga Banyuwangi ke perairan Paiton, Jawa Timur.

Tank kemudian melakukan Firing Test menggunakan senjata utama Canon  30 mm di lapangan tembak TNI AL Paiton. Selanjutnya setelah kegiatan, Tank Boat kembali ke dermaga Banywangi. Total  jarak tempuh yang dapat dilalui dalam kegiatan uji coba tersebut adalah 170 Nautcial Mile.

Tank Boat dapat mengangkut 60 orang personil dan 5 orang kru, memiliki kecepatan maksimum 40 knot serta daya jelajah hingga 600 Nautical mile. Tank Boat tersebut juga dilengkapi dengan senjata utama RCWS Canon kaliber 30 mm dan 2 senapan mesin 12.7 mm.

Tank Boat nantinya akan digunakan oleh TNI untuk menjaga kedaulatan wilayah perairan NKRI. Tank Boat tersebut merupakan program Kementrian Pertahanan RI yang dilaksanakan oleh konsorsium, dimana PT. PINDAD menjadi integrator bekerjasama dengan PT Lundin Industry Invest, PT Len Industri, dan PT hariff.

Post a Comment for "Indonesia Lakukan Uji Coba Tank Boat Pertama Di Dunia"