Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rambu Solo' Tana Toraja Salah Satu Pemakaman Termahal Di Dunia

Upacara Rambu Solo'
Upacara Pemakaman Rambu Solo'. foto oleh Bernardian Production / Youtube

Tana Toraja merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan, Indonesia yang punya obejk wisata yang mengagumkan. Wisata alam yang eksotis maupun keragaman budayanya akan membuat wisatawan kagum. Tana Toraja dapat ditempuh melalui jalur darat maupun udara.

Jalur darat biasanya akan memakan waktu 8 sampai 9 jam dari kota Makassar. Sementara, jika melalui jalur udara hanya memakan waktu satu jam saja. Sesampainya di Tana Toraja, wisatawan akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan wisata.

Rekomendasi wisata yang wajib masuk shortlist wisata Tana Toraja yaitu Pesona Alam, ada Negeri di atas awan (Lolai) ada patung tertinggi di dunia (Burake), ada Ollon , daerah tujuan wisata kuburan batu di Ke'te' Kesu', Londa, Lemo, Suaya dan lainnya.

Dan salah satu wisata tradisi Tana Toraja yang banyak dikenal yakni Tradisi Rambu Solo'. Rambu Solo' yang merupakan Upacara Tradisi Pemakaman bagi orang yang sudah meninggal. Bahkan Rambu Solo' merupakan salah satu tradisi unik yang sangat mahal di dunia.

Dalam kegiatannya Upacara Rambu Solo' membutuhkan puluhan ribu kerbau dan babi yang harus dikurbankan di Toraja. Namun pemotongan puluhan kerbau dan babi tersebut disesuaikan dengan tingkatan status sosialnya selama hidup.

Tingakatan pemakanan peling tinggi disebuat sebagai Rapasan, yakni dengan jumlah hewan kerbau yang akan dikurbankan sebanyak minimal 12, 24 atau lebih.

Bahkan ada tingkatan terbawah yakni bernama Dedekan Palungan yang berarti pemakaman untuk orang dewasa yang sangat tidak mampu untuk melakukan upacara pemakaman. Caranya yakni dengan megetuk palungan (temap makan babi) sebagai tanda bahwa memang benar benar tidak punya.

Post a Comment for "Rambu Solo' Tana Toraja Salah Satu Pemakaman Termahal Di Dunia"