Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nicke, Bos Pertamina Yang Jadi Wanita Paling Berpengaruh Dunia

#
Foto Nicke Widyawati via Instagram

Baru baru ini Majalah Fortune meluncurkan daftar wanita paling berpengaruh di dunia 2021 atau Most Powerful Woman International. Dari deretan 100 nama wanita papan atas dunia, mencuat nama bos Pertamina yakni Nicke Widyawati.

Nicke bahkan masuk kedua kalinya dalam daftar penting tersebut. Sebelumnya dia berada di peringkat 16 di antara 100, dan kini ia berada di peringkat 17. Dia bahkan berhasil melampaui sejumlah CEO global wanita yang gak kalah hebatnya, seperti CEO P&G Alexandra Keith dan CEO OCBC NISP Helen Wong.

Pada tingkat Nasional, Nicke satu satunya wanita Indonesia yang berhasil masuk ke salah satu predikat paling bergengsi di dunia tersebut. Fortune menyebut menyebut Nicke mampu melewati tantangan Triple Shock, yaitu jatuhnya harga minyak, penurunan permintaan bahan bakar dan tekanan nilai tukar selama pandemi 2020.

Hambatan hambatan tersebut membuat harga minyak dan pendapatan turun hingga 24%. Laba pertamina juga mengalami penurunan hingga 58,4% dibanding tahun sebelumnya, bahkan pertamina juga mengalami kebakaran di dua kilangnya awal 2021.

Diawali dengan kebakaran kilang Balongan di Indramayu pada maret 2021, hingga kilang Cilacap yang terbakar pada juni 2021. Namun di paruh pertama Nicke berhasil membuat kondisi tersebut jauh lebih baik, bahkan ia dapat mencapai target produksi minyak dan gas di tanah air (Indonesia).

Nicke juga terus mendukung transisi energi di indonesia dengan membangun portofolio energi baru terbarukan untuk memberikan energi bersih bagi Indonesia di masa depan.

Fortune juga menyoroti upaya Nicke dalam  mengawasi perusahaan dengan pendapatan per tahun yang bernilai lebih dari US$54,6 miliar dengan sekitar 32.000 pekerja diseluruh dunia. Dikutip dari Laporan Harta Kekeyaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2020 yang disampaikan Nicke pada 27 maret 2021, Nicke memiliki jumlah kekayaan senilai 64 miliar rupiah.

Post a Comment for "Nicke, Bos Pertamina Yang Jadi Wanita Paling Berpengaruh Dunia"