Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Surat Yang Memiliki Keutamaan Istimewa Dalam Al-Quran

Keutamaan Istimewa Dalam Al-Quran
Ilustrasi Belajar Al-Quran

Al-Quran yang merupakan kitab suci terakhir umat islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui pelantara malaikat Jibril.

Al-Quran yang memiliki berbagai macam keutamaan dalam setiap surat yang kita baca. Ada beberapa surat yang perlu kita ketahui keistimewaannya dari total 144 surat yang ada dalam al-quran. berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Surat Al-Mulk

Jika kita igin terhindar dari siksa kubur yang menakutkan maka kita hendaknya membaca surat al-mulk ini setiap malam atau menjelang tidur. seperti yang diriwayatkan oleh An Nasai dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim.

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, dia berkata, “Barang siapa membaca “Tabaraokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “Al-Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam kitabullah. Barang siapa membacanya setiap malam, maka dia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.

2. Surat Ar-Rahman

Surat ini menjelaskan mengenai kehidupan surga dan neraka. seperti menunjukkan kenikmatan yang akan diapat manusia. Jika kita membacanya diparcaya mendapatkaan syafaat di hari kiamat kelak dan di ridhoi Allah Swt.

Apabila seorang muslim yang meninggal dengan kondisi tengah membaca surat ini maka ia termasuk golongan orang yang syahid, seperti yang diajarkan oleh Rasulullah dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Jaf`ar.

3. Surat Al-Waqiah 

Selain mejelaskan mengenai hari kiamat, surat al waqiah juga memiliki keutamaan lain, seperti menghindarkan diri dari sikap lalai, menjauhkan diri dari kefakiran, serta menjaga kita dari kemiskinan.

bahkan dengan membaca surat ini secara rutin, maka segala kesulitan yang kita hadapi akan hilang.

4. Surat Al-Kahfi

Surat yang memiliki 110 ayat ini, yang memiliki arti Gua, Menceritakan tentang 7 pemuda yang berlindung di dalam gua. Dianjurkan membaca surat ini pada hari kamis atau malam jum`at.

dengan membaca surat ini, niscaya kita bisa terjaga dari fitnah dajjal dan rumah kita akan terlindung dari gangguan serta menerangi kita saat hari kiamat kelak.

5. Surat Yasin

Surat yang satu ini memilki banyak sekali keutamaan diantaranya, akan diampuni dosanya oleh Allah Swt, akan dipermudah segala urusannya, dan dikabulkannya keinginan si pembacanya

Bahkan barangsiapa yang rutin membaca surat ini, niscaya saat sakaratul maut nya akan dipermudah, dianggap mati syahid, dan terhindar dari siksa kubur, serta mendapatkan pengampunan dari Allah Swt.

6. Surat Al-Ikhlas

Surat yang termasuk surat pendek yang satu ini juga memiliki keutamaan lho, terlebih saat dibaringan membaca surat lainnya seperti surat Al-Falaq dan An-Naas seperti yang telah disebutkan dalam sabda Rasullulah berikut.

Barang siapa yang membaca surat Al-Ikhlas waktu ia sakit lalu meninggal, maka ia tidak akan membusuk di dalam kuburnya. Ia akan selamat dari kesempitan kubur, dan malaikat akan membawanya menuju surga.

yang lainnya juga disebutkan dalam hadis riwayat Tirmidzi no. 2897 dengan sanad hasan gharib berikut.

Bacalah surat Al-Ikhlas serta surat Al-Mu’awwidzatain (Al-Falaq dan An-Naas) pada waktu pagi dan petang hari sebanyak tiga kali, maka kamu akan dilindungi dari segala gangguan.

7. Surat Ad-Dukhaan

Surat yang satu ini memiliki banyak keistimewaan terseblih saat membacanya di waktu malam jum`at, maka dosanya akan diampuni oleh Allah Swt dan Allah Swt akan membangunkan satu rumah di surga kelak

dari Abu Harairah ia berkata, Rasulullah bersabda:.

Barang siapa yang membaca HAA MIIM (surat) Ad Dukhaan pada malam Jumat, maka dosa-dosanya akan diampuni.

hadis riwayat Thrimidzi no. 2814. namun sesungguhnya semua ayat dalam al-quran tentu memiliki beragam makna yang istimewa, ini merupakan beberapa contoh kecil saja.

Post a Comment for "7 Surat Yang Memiliki Keutamaan Istimewa Dalam Al-Quran"