Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Dan Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula

Cara investasi reksadana
Reksadana, Investasi Saham Terbaik

Insnesia - Kali ini kami akan membahas Penjelasan dan Bagaimana Cara Investasi Reksadana. Reksadana adalah cara terbaik untuk menginvestasikan uang Anda. Reksa dana dikelola secara profesional, terdiversifikasi, dan mudah dibeli. Panduan ini akan memandu Anda memilih reksa dana yang tepat untuk Anda dan memulainya hari ini.

Baca juga: Cara Investasi Obligasi Saham ETF dan MTN

Apa itu Reksadana? dan Bagaimana Cara Investasi Reksadana?

Reksa dana adalah jenis kendaraan investasi yang mengumpulkan uang dari banyak investor dan berinvestasi pada saham, obligasi, atau sekuritas lainnya. Reksa dana dapat dianggap sebagai perusahaan investasi yang dikelola secara profesional.

Manajer reksa dana (atau "fund manager") membuat keputusan tentang investasi mana yang akan dilakukan berdasarkan analisis informasi tentang cara investasi reksadana terbsebut - nilai harga saham dan perkiraan pendapatan mereka misalnya - dan kemudian membeli saham, obligasi, atau sekuritas lainnya dari perusahaan tersebut.

Keuntungan bagi Anda sebagai investor adalah ketika Anda menaruh uang Anda di reksa dana dari satu perusahaan, Anda terdiversifikasi: jika satu perusahaan bangkrut atau sahamnya merosot, sementara perusahaan lain berkinerja baik, itu tidak masalah karena investasi Anda tersebar di banyak perusahaan yang berbeda sehingga tidak ada keputusan buruk yang memengaruhi seluruh portofolio Anda.

Bagaimana cara memilih reksadana yang tepat?

Sebelum Anda berinvestasi pada reksa dana, penting bagi Anda untuk memahami strategi cara investasi reksadana tersebut. Anda juga harus melihat kinerjanya dan membandingkannya dengan reksa dana lain yang sejenis.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih reksa dana:

  • Bagaimana opsi investasi ini dibandingkan dengan opsi serupa? Sebagai contoh, jika Anda ingin berinvestasi pada saham teknologi, bandingkan kinerja reksa dana ini dengan reksa dana saham teknologi atau indeks lainnya. Jika memungkinkan, tinjau juga kepemilikan portofolionya; beberapa reksa dana memiliki saham di lebih dari satu perusahaan dalam satu industri (seperti energi), sementara yang lain hanya berfokus pada satu industri (seperti tenaga angin).
  • Periksa apakah ada perubahan yang dilakukan pada investasi Anda dari waktu ke waktu karena hal ini dapat memengaruhi seberapa baik pertumbuhan uang Anda dari waktu ke waktu - dan tidak selalu menguntungkan! Jika ada beberapa perubahan yang dibuat baru-baru ini, hubungi layanan pelanggan sebelum memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan hari ini vs tujuan esok hari - yang dapat berubah tergantung pada seberapa besar toleransi risiko yang dapat kita terima hari ini!

Bagaimana cara investasi reksadana untuk pemula?

Langkah pertama dalam berinvestasi reksa dana adalah menentukan reksa dana. Anda perlu melihat prospektus reksa dana dan melakukan riset, namun ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan:

  • Jika Anda berinvestasi di 401(k), pilihlah reksa dana target-date (reksa dana ini adalah reksa dana yang secara otomatis merealokasi portofolio Anda tergantung pada apakah Anda sudah mendekati masa pensiun atau belum). Reksa dana ini biasanya memiliki biaya yang rendah, sehingga cocok untuk mereka yang tidak tahu banyak tentang investasi dan tidak ingin menghabiskan waktu untuk mengelola investasinya.
  • Jika Anda berencana menggunakan IRA atau Roth IRA untuk tujuan pajak, maka akan lebih baik untuk pertumbuhan portofolio Anda jika semua uang Anda diinvestasikan di saham daripada obligasi (karena obligasi menghasilkan lebih banyak pendapatan kena pajak).

Kesimpulan

Singkatnya, Anda bisa mempelajari cara investasi reksadana dan memulainya hari ini juga. Reksa dana adalah cara terbaik untuk mendiversifikasi portofolio Anda. Reksa dana dapat membantu Anda mengembangkan uang Anda dari waktu ke waktu, selama Anda mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas.

Kami harap artikel ini dapat membantu Anda memahami dasar-dasar reksa dana dan cara berinvestasi di dalamnya. Jika Anda sudah siap untuk memulai, silahkan ikuti beberapa tips diatas. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Penjelasan Dan Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula"