Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Perusahaan Makanan Terbesar di Indonesia


INSnesia - Mengenal Perusahaan Makanan terbersar di Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di Asia, sehingga tidak mengherankan jika perusahaan-perusahaan makanannya juga berkembang pesat. Seperti dikutip dari Joninfo.com, daftar ini akan menunjukkan kepada Anda beberapa perusahaan makanan terbesar di Indonesia.

Baca juga: Kumpulan Caption Instagram Estetik dan Simpel

Berikut Daftar Perusahaan Makanan Terbesar di Indonesia versi INSnesia

1. Danone

Danone adalah Perusahaan Makanan terbesar di Indonesia dengan produk makanan multinasional Prancis yang berbasis di Paris, Prancis. Perusahaan ini memproduksi olesan dan produk susu lainnya, air minum dalam kemasan, produk medis, dan makanan bayi.

Danone adalah perusahaan yogurt terbesar di dunia dan produsen produk susu segar terkemuka. Perusahaan ini didirikan di Barcelona pada tahun 1919 dengan nama Danone.

2. Unilever Indonesia

Unilever Indonesia adalah anak perusahaan dari Unilever. Perusahaan ini merupakan perusahaan makanan terbesar di Indonesia. Sebagai perusahaan barang konsumsi terbesar kedua di Indonesia, Unilever Indonesia menjual produk perawatan pribadi dan produk pembersih rumah melalui anak perusahaannya, Lever Peralatan Rumah (LPR).

Baca juga: Cara Kerja di Luar Negeri Lulusan SMA dan SMK, Auto diterima!

3. Mayora Indah

Mayora Indah adalah sebuah Perusahaan Makanan terbesar di Indonesia yang mencakup makanan dan minuman. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1980 oleh dua pengusaha Indonesia, Sutono dan Nugroho, yang memulai bisnisnya sebagai pedagang kecil mie instan.

Pada tahun 1985, mereka mendirikan pabrik sendiri untuk memproduksi mie instan dan makanan siap saji lainnya untuk konsumsi lokal. Pada tahun 1987, produk ekspor pertama perusahaan diluncurkan, yaitu produk ikan kalengan (fillet).

Pada tahun 1988, Mayora telah menetapkan nama mereknya sendiri - "Mayora", yang berarti "yang terbaik" atau "yang paling baik". Nama ini kemudian menjadi identik dengan semua produknya. Pada tahun 1989, Mayora memperkenalkan sarden kalengan; ini diikuti oleh beberapa produk makanan laut kalengan lainnya selama beberapa tahun kemudian, termasuk fillet ikan tuna, fillet makarel, dan teri dalam saus tomat.

Jajaran produk ini semakin berkembang dengan diperkenalkannya nugget ayam (1990), kerupuk krupuk (1991), nasi kari dalam kemasan/kantong (1992) dan juga tahu instan berbentuk kubus/blok yang disebut Tahu Goreng Pedas (1993). Perusahaan ini juga menjual saus garum yang secara lokal dikenal sebagai kecap manis dari Indonesia dengan merek Kecap Mayora sampai tahun 2007 ketika menghentikan produksinya karena tingginya biaya untuk mengimpor gula aren, namun masih memproduksi kecap dengan label 'Kecap Ayam'.

4. Nestle Indonesia

Nestle Indonesia merupakan anak perusahaan Nestle S.A. dan merupakan bagian dari industri makanan dan minuman di Indonesia, yang meliputi manufaktur, impor, ekspor dan distribusi produk makanan dengan berbagai merek seperti Milo, Nescafe, Maggi, Cerelac dan AquaJoy. Nestle Indonesia mempekerjakan lebih dari 8.200 orang di seluruh Indonesia dengan 40 pabrik.

Baca juga: Ratusan Warga Meninggal dan Luka Berat Akibat Letusan Gunung Semeru Minggu Lalu

Nestle Indonesia dibentuk sebagai PT Perkebunan Nusantara VII (PN VII) pada tahun 1971 ketika diakuisisi oleh perusahaan makanan multinasional asal Swiss, Nestle S.A..

Pada tahun 2008, PN VII berganti nama menjadi PT Nestlé Perkasa Tbk setelah mendapat persetujuan dari pemerintah Indonesia untuk mengubah namanya menyusul akuisisi yang dilakukan oleh anak Perusahaan Makanan terbesar di Indonesia lainnya, yaitu Deutsche Babynahrung GmbH, yang memproduksi produk makanan bayi di bawah perjanjian lisensi yang dikonsolidasikan ke dalam PT Nestlé Perkasa Tbk sejak tahun 2007.

5. Monde Nissin

Nissin Monde adalah Perusahaan Makanan terbesar di Indonesia multinasional yang berbasis di Surabaya, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1971 dan memiliki lebih dari 1.200 karyawan. Nissin Monde memproduksi produk makanan dan minuman untuk konsumsi domestik dan juga pasar ekspor. Produk-produk ini termasuk mie, makanan ringan, minuman jus dan minuman lain seperti kopi atau teh (dikenal sebagai kopi).

Baca juga: Instagram Kembali Mengeluarkan Fitur Terbaru Yang Bikin Warganet Heboh

6. PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA)

  • Bagian dari PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA)
  • Anak perusahaan dari Japfa Sriwijaya (JSPWY)
  • Produsen pakan ternak, pakan unggas dan pakan akuakultur

7. PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN)

PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) adalah Perusahaan Makanan terbesar di Indonesia yang juga meliputi berbagai macam minuman. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari Charoen Pokphand Foods, konglomerat agribisnis terbesar di Thailand. Kegiatan usaha perusahaan meliputi peternakan dan pengolahan unggas, peternakan dan pengolahan udang, produksi jus buah segar, produksi dan distribusi mie instan.

Pada bulan April 2013, PT Charoen Pokphand Indonesia tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan mengakuisisi saham yang dimiliki oleh pemegang saham PT Global Prima Mandiri Berhad (GPMB).

Baca lainnya: Sule Bayar Hacker Untuk Mengembalikan Channel Youtube-nya Yang di Hack

8. Top One Food (TOPO)

Top One Food (TOPO) adalah Perusahaan Makanan terbesar di Indonesia yang juga mencakup beberapa minuman. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1981 dan merupakan perusahaan terbesar di Indonesia dengan lebih dari tiga ribu karyawan. Mayoritas produknya dijual di bawah merek Topi, tetapi juga menawarkan produk lain seperti minuman berkarbonasi dan jus buah melalui anak perusahaannya.

Perusahaan mendistribusikan produknya melalui jaringan distributor ke lebih dari 5.000 gerai di seluruh Indonesia. Fasilitas utamanya meliputi dua pabrik yang berlokasi di Jakarta: satu untuk saus dan satu lagi untuk produk susu; keduanya memiliki kapasitas produksi mulai dari 500 ton per bulan hingga 2.500 ton per bulan.

9. PT. Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF)

Indofood telah melakukan diversifikasi ke berbagai jenis makanan dan minuman olahan seperti kecap, soto ayam, dan kecap. Perusahaan ini tercatat di Bursa Efek Jakarta (BEI) dengan kode saham IPKTF dengan kapitalisasi pasar sebesar US$10 miliar.

Indofood memiliki beberapa merek termasuk Indomie yang merupakan salah satu merek mie instan terpopuler di Indonesia dengan penjualan tahunan melebihi US$1 miliar, seperti;

Baca lainnya: Seorang Pemuda Nekat Meledakan Mobil Tesla Hanya Karena Masalah Baterai

Delfi Pangan Makanan Sehat; Delfino; Nestlé Milo; Sopiai; Nissin Food Products Indonesia; Sarimi Foods; Rasa Matahari Utama Perkasa Tbk.PT Garuda Mas International Tbk; PT Sinar Mas Agro Resources & Technology Tbk; PT Salim Group - Salim Jaya Agro Tbk; PT Sinar Mas Land Development - SMG Land Development Tbk,

Perusahaan ini juga memiliki pabrik di beberapa negara seperti Thailand di mana perusahaan ini telah menginvestasikan hingga US$500 juta untuk proyek perluasan pabrik yang akan meningkatkan kapasitas produksi sekitar 50% pada tahun 2020, menurut Willy Tjipta Widjaja yang menjabat sebagai presiden direktur Nestlé Asia Tenggara sejak tahun 2010.

  • Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF)
  • Perusahaan makanan terbesar di Indonesia adalah Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar $33,7 miliar dan nilai pasar sebesar $33,6 miliar per April 2019. Perusahaan ini berbasis di Jakarta, Indonesia.
  • Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) didirikan pada tahun 1957 oleh Ismet Saraosmana, yang berfokus pada penjualan mie instan kepada masyarakat Indonesia. Saat ini, INDF adalah salah satu produsen dan distributor produk makanan terbesar di Indonesia, dengan merek-mereknya antara lain Indo Mie, Indo Fries, dan Indo Bumbu Masakan Ayam Goreng Pedas Teriyaki Bumbu Tumis Bumbu Rempah

10. PT. Kalbe Farma Tbk (KLBF)

PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) adalah Perusahaan Makanan terbesar di Indonesia yang mencakup beberapa minuman juga. Perusahaan ini beroperasi sebagai anak perusahaan dari PT Kalbe Farma Internusa, yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini menyediakan produk kesehatan untuk konsumen dan bisnis di seluruh Indonesia.

PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) didirikan pada tanggal 1 Mei 1999 oleh Bapak Batu Suwito yang menjabat sebagai Direktur Utama sejak tahun 2009.

Bacaan lainnya: Remaja Indonesia Berhasil Ciptakan Robot Mirip IRONMAN

Kesimpulan

Mereka adalah perusahaan makanan dan minuman olahan di Indonesia. Indofood Sukses Makmur Tbk, atau Indofood, adalah perusahaan makanan terbesar di Indonesia. Didirikan pada tahun 1972 sebagai sebuah pabrik mie kecil dan sekarang menjadi salah satu produsen mie instan terbesar di dunia.

Perusahaan-perusahaan ini telah memiliki sejarah panjang dalam melayani kebutuhan masyarakat Indonesia. Mereka telah memungkinkan kita untuk menikmati makanan favorit kita di rumah dan restoran. Masa depan terlihat cerah bagi perusahaan-perusahaan makanan besar ini karena mereka terus tumbuh dan berkembang di seluruh Indonesia.

Post a Comment for "10 Perusahaan Makanan Terbesar di Indonesia"