Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

25 Cerita Legenda Bahasa Jawa Lengkap

cerita legenda bahasa jawa
Cerita Legenda Bahasa Jawa 

Cerita Legenda bahasa Jawa dikenal luas di Indonesia. Cerita-cerita ini diwariskan secara turun-temurun dan telah menjadi bagian dari budaya Jawa. Cerita-cerita ini telah ada sejak ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu, sehingga banyak orang yang tidak tahu persis kapan cerita-cerita ini muncul. Meskipun ada banyak jenis legenda Jawa.

Legenda Jawa kaya akan karakter-karakter yang menarik, alur cerita yang menarik, dan pelajaran yang dapat diterapkan dalam kehidupan kita. Daftar sepuluh legenda Jawa ini akan memperkenalkan Anda pada beberapa kisah tersebut.

Pulau Jawa adalah rumah bagi banyak legenda yang menarik, beberapa di antaranya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Kisah-kisah ini masih diceritakan di desa-desa Jawa sampai sekarang dan telah diwariskan dari generasi ke generasi sebagai cara untuk menjelaskan fenomena alam atau mengenalkan anak-anak pada dunia di sekitar mereka.

Meskipun banyak yang telah hilang seiring berjalannya waktu, masih ada beberapa yang tetap populer di kalangan penduduk lokal dan wisatawan hingga saat ini. Dalam artikel ini kita akan membahas lima mitos atau legenda dari Jawa dengan melihat asal-usulnya, makna historisnya, dan dampak budayanya.

Baca juga: Kumpulan Cerita Anak Sholeh Lengkap

Berikut 25 Cerita Legenda Bahasa Jawa Terpopuler

1. Legenda Ki Joko Bodo

Ki Joko Bodo adalah seorang pahlawan Jawa yang terkenal. Ia adalah putra dari Ki Ageng Pemanahan dan Nyai Roro Kidul, yang juga merupakan tokoh legendaris dalam sejarah Indonesia.

Ki Joko Bodo memimpin perlawanan terhadap Belanda ketika mereka mencoba mengambil alih Jawa pada tahun 1825. Dia dikenal sebagai "pilar Jawa" karena dia menyelamatkan Jawa dari penjajahan bangsa Eropa dengan berjuang keras melawan mereka dan memenangkan banyak pertempuran melawan mereka.

2. Legenda Si Pitung

Si Pitung, atau "gurita", adalah cerita legenda Jawa yang mengisahkan seorang anak laki-laki yang menjadi gurita setelah memakan buah terlarang.

Tokoh utama dalam cerita ini adalah Si Pitung (anak laki-laki). Dia tinggal bersama ibunya, yang telah diberitahu oleh neneknya bahwa jika dia memberi anaknya buah apa pun untuk dimakan, dia akan menjadi gurita. Suatu hari, ibu Si Pitung lupa akan peraturan ini dan memberinya buah durian untuk dimakan - yang ternyata beracun! Tak lama kemudian, tubuhnya mulai berubah menjadi sesuatu yang tidak bisa dikenali: lengan tumbuh dari sisi tubuhnya, kaki tumbuh dari belakang tubuhnya... dan kemudian dia menjadi gurita!

Baca juga: Latar Belakang dan Sejarah Koperasi Dunia

3. Legenda Nyi Roro Kidul

Nyi Roro Kidul adalah ratu Laut Selatan. Dia adalah seorang dewi cantik yang tinggal di Gunung Merapi, yang terletak di pantai selatan Jawa. Kecantikannya begitu luar biasa sehingga dapat membuat para pria jatuh cinta hanya dengan melihatnya.

Nyai Roro Kidul adalah ratu dari Samudera Selatan. Dia tinggal di sebuah istana di bawah air, tapi dia juga bisa datang ke daratan. Nyai Roro Kidul memiliki seorang suami bernama Si Pitung yang tinggal di darat.

Nyai Roro Kidul dapat membuat orang jatuh cinta satu sama lain, atau membuat mereka sakit jika mereka tidak mematuhi perintahnya atau melakukan sesuatu yang buruk padanya atau anggota keluarganya.

Legenda Nyi Roro Kidul bermula ketika sekelompok nelayan sedang memancing di dekat Gunung Merapi dan mereka melihat seorang wanita cantik yang duduk di puncak gunung dengan hanya mengenakan anting-anting dan kalung emas sebagai pakaiannya.

Mereka begitu terpesona oleh kecantikannya sehingga mereka melupakan pekerjaan mereka dan menatapnya sepanjang hari hingga malam tiba, ketika mereka pulang tanpa mendapatkan ikan!

Mereka menceritakan kejadian aneh ini kepada istri mereka, namun tak satu pun dari mereka dapat menjelaskan apa yang telah terjadi pada mereka hari itu; jadi mereka memutuskan untuk kembali lagi esok pagi sebelum matahari terbit - dan benar saja, ada nelayan lain yang sudah berada di sana!

Kali ini dia lebih dekat dari sebelumnya, tetapi masih terlalu jauh dari tempat dia duduk: "Siapa ini?" pikirnya, "Dia terlihat seperti malaikat!" Ia berseru dengan lantang, "Halo! Siapa kamu?" Namun lagi-lagi tidak ada jawaban yang datang kecuali keheningan...

4. Legenda Malin Kundang

Malin Kundang adalah legenda Jawa yang menceritakan tentang seorang wanita yang berubah menjadi kuda. Nama Malin Kundang diterjemahkan menjadi "kuda dengan surai yang indah".

Malin Kundang adalah pahlawan legendaris dari Sumatera Barat. Dia dikenal karena keberanian dan kekuatannya, serta keahliannya dalam bertarung melawan setan dan monster jahat.

Dalam sebuah cerita, Malin Kundang bertarung melawan seekor naga jahat yang tinggal di pegunungan dekat Danau Toba. Ketika dia melihat monster ini menyerang orang-orang di perahu mereka di danau, dia memutuskan untuk mengejarnya sendiri - dan meskipun monster itu sangat besar (hampir memenuhi seluruh pandangan Malin Kundang), dia berhasil membunuhnya dengan pedangnya!

Asal mula legenda ini bermula ketika ada seorang wanita tua bernama Nyai Roro Kidul yang kehilangan suami dan anaknya dalam peperangan melawan kerajaan lain. Ia menangis berhari-hari tanpa henti, hingga akhirnya meninggal karena kesedihan.

Ketika dia meninggal, dia menjadi roh jahat (hantu) yang menghantui orang-orang di malam hari dengan mengambil tidur mereka dan membuat mereka gila jika mereka mencoba melarikan diri darinya karena sulit bagi manusia untuk melarikan diri dari hantu karena mereka dapat terbang menembus dinding atau bahkan melakukan perjalanan di bawah air tanpa membutuhkan transportasi seperti perahu!

Namun suatu hari ketika sedang berkeliling mencari korban, dia bertemu dengan tiga pemuda yang sedang bermain sepak bola bersama di luar rumah mereka ketika tiba-tiba salah satu pemain menendang terlalu keras hingga membuatnya jatuh tersungkur dan membuat semua orang tertawa terbahak-bahak, kecuali seorang gadis bernama Dewi Sartika yang telah menonton dengan tenang di dekatnya namun sekarang merasa malu.

Karena dia tidak ingin orang lain tahu tentang apa yang terjadi di antara mereka saat istirahat sekolah jadi dia memutuskan untuk tidak segera bergegas pergi dan memilih untuk berdiri di sana dengan canggung menunggu dengan sabar sampai semua orang menjadi tenang sebelum berjalan perlahan ke arah tempat semua orang berdiri yang sekarang tertawa histeris bersama lagi.

Baca lainnya: Rincian Gaji Blogger Pemula

5. Legenda Samseng Cikandang

Samseng Cikandang adalah karakter dalam pewayangan Jawa, yang sangat ahli dalam pekerjaannya sebagai pandai besi. Dia memiliki palu yang sangat besar dan selalu membawanya. Samseng Cikandang membuat banyak hal untuk raja, termasuk senjata dan baju besi untuk para prajuritnya.

Suatu hari sang raja memutuskan untuk menguji pedang barunya dengan menebang seluruh hutan dengan pedang itu! Namun, ketika ia mencoba mengayunkannya ke beberapa pohon, tidak ada yang terjadi - pedang itu tidak menebang pohon-pohon itu sama sekali!

Pedang itu hanya mampu menebang semak-semak kecil karena mereka sangat lemah dibandingkan dengan kekuatannya sendiri sehingga tidak ada perlawanan yang cukup untuk melawannya ketika dihantam oleh benda seberat pedang yang ditempa sendiri oleh Samseng Cikandang selama ia bekerja untuk "memastikan bahwa tidak ada orang lain yang dapat menggunakannya lagi".

6. Legenda Alak Betatar

Alak Betatar adalah tokoh mitologi Jawa yang dipercaya lahir dari penyatuan antara manusia dan batu. Dia menjadi pahlawan dengan membunuh raja jahat dari dunia bawah.

Ceritanya seperti ini: Dahulu kala ada seorang putri cantik yang tinggal di Indonesia bersama ayahnya, Prabu Siliwangi (yang memerintah di Jawa). Dia sangat sedih karena dia tidak memiliki suami atau anak.

Suatu hari ketika dia sedang berjalan-jalan di luar taman istananya, dia melihat dua orang pria sedang memperebutkan sesuatu yang mengkilap yang tergeletak di atas dedaunan di dekat mereka, yang ternyata adalah sebuah telur yang di dalamnya terdapat Alak Betatar!

Wanita itu mengambil benda misterius ini dan merawatnya hingga menetas menjadi seorang bayi laki-laki yang tumbuh dengan cepat di bawah asuhan ibunya; namun tak lama kemudian kebahagiaan mereka berakhir ketika suatu hari kakek Alak Betatar - Prabu Siliwangi - masuk ke dalam kamar putrinya secara tiba-tiba dan melihat apa yang terlihat seperti orang lain berdiri di samping putri kesayangannya yang membuatnya merasa tidak nyaman untuk berada di dekatnya lagi karena ia tidak tahu apakah yang ia lihat itu nyata atau hanya imajinasi karena usia yang sudah tua dan tidak mampu lagi berpikir secara jernih.

karena usia tua yang mempengaruhi fungsi otaknya sehingga dia tidak bisa membedakan antara kenyataan dan mimpi lagi...

Baca juga: Asal Usul sebutan "Warga +62" Cek disini

7. Legenda Lutung Kasarung

Lutung Kasarung adalah monyet raksasa yang tinggal di hutan. Lutung Kasarung memiliki nafsu makan yang besar dan memakan banyak makanan, sehingga sering keluar dari hutan untuk mencari makanan di desa-desa.

Lutung Kasarung juga dikenal dengan sebutan lutung ganteng karena bentuknya yang seperti monyet biasa namun memiliki bulu yang lebih lebat dari monyet lainnya.

8. Legenda Nyi Mas, Nyai Pohaci Sanghyang Asri dan Werkudara (Ratu Sembodro)

Nyi Mas dan Nyai Pohaci Sanghyang Asri adalah wanita tercantik di dunia. Mereka juga bersaudara, namun mereka jatuh cinta pada Werkudara (ratu Sembodro). Cinta mereka terlarang dan karena itu menyebabkan banyak masalah bagi ketiga gadis tersebut.

Werkudara mencoba untuk menghilangkan kutukan ini dengan mengirim Nyi Mas ke Bali bersama dengan suaminya, tetapi perjalanan mereka tidak berjalan sesuai rencana karena mereka mengalami masalah di laut saat kapal mereka tenggelam di dekat sebuah pulau bernama Pulau Bawean.

9. Legenda Prabu Siliwangi & Prabu Jaya Ningrat

Prabu Siliwangi adalah raja yang paling terkenal dalam sejarah Jawa. Dia adalah penguasa yang adil dan dikenal karena kebijaksanaan, keberanian, dan eksploitasi militernya. Ia memiliki banyak istri namun hanya memiliki satu putra bernama Prabu Jaya Ningrat. Kedua raja ini berteman baik hingga mereka bertengkar karena memperebutkan tanah di dekat Gunung Merapi (Gunung Merbabu).

Prabu Jaya Ningrat menjadi marah kepada ayahnya dan pergi meninggalkan rumah untuk tinggal bersama keluarga ibunya yang tinggal di Gunung Merapi. Di sana ia bertemu dengan seorang putri cantik bernama Dewi Ratih Kumara, putri dari Raja Surawisesa yang memerintah di Dataran Kedu saat itu.

Mereka saling jatuh cinta dan menikah meskipun ditentang oleh orang tua mereka: Prabu Jaya Ningrat tidak diperbolehkan menikah di luar kerajaannya karena akan melanggar adat; sementara ayah Dewi Ratih Kumara khawatir jika ia menikah dengan orang di luar kerajaannya maka akan terjadi peperangan di antara mereka di kemudian hari karena masalah harga diri.

Baca juga: 10 Tips membeli Laptop bekas agar tidak Tertipu

10. Legenda Mpu Gandring & Keris Setan (setan di Keris)

Kisah Mpu Gandring (alias Mpu Tantular) adalah legenda Jawa yang paling terkenal. Sebagai anak dari seorang siluman dan manusia, ia terlahir dengan kekuatan gaib, termasuk kemampuan untuk memainkan musik yang begitu indah hingga dapat menghidupkan orang dari kematian.

Ayah Mpu Gandring adalah raja dari segala siluman dan ibunya adalah seorang wanita biasa yang tinggal di Magelang, Jawa Tengah. Suatu hari ketika sedang mandi di Danau Tansa, ia melihat sesuatu yang tidak biasa: seekor ular muncul di atas kepalanya tanpa peringatan atau alasan apapun!

Karena takut dengan kejadian aneh ini, ia berlari pulang sambil berteriak, "Saya melihat sesuatu yang aneh!" Ketika suaminya mendengar apa yang terjadi, dia mengira istrinya sudah gila, jadi dia memutuskan untuk tidak ikut bersamanya saat dia pergi keluar lagi hari itu... tapi tetap saja tidak ada yang terjadi hingga sore hari ketika tiba-tiba seekor ular lain muncul di atas kepala mereka berdua! Namun kali ini mereka tetap bersama cukup lama sehingga mereka bisa mengenali wajah satu sama lain sebelum berpisah lagi menjadi tubuh yang terpisah sekali lagi - tetapi sekarang sebagai suami & istri, bukan sebagai dua orang asing yang bertemu secara acak secara kebetulan.

11. Legenda Kura-kura Raksasa dan Asal Usul Pulau Jawa

Legenda mengatakan bahwa pulau Jawa terbentuk ketika seekor kura-kura raksasa terjun ke laut dan muncul dengan lumpur di punggungnya. Lumpur tersebut mengeras menjadi daratan, membentuk sebuah pulau di tengah lautan yang penuh dengan reptil besar lainnya.

Ada yang mengatakan bahwa kura-kura ini dikirim oleh Tuhan untuk membantu manusia bertahan hidup selama masa kelaparan dan kekeringan; ada juga yang percaya bahwa mereka datang dari surga untuk hidup di antara manusia demi perlindungan mereka sendiri. Apapun cerita asal usul mereka, jelaslah mengapa makhluk ini sangat penting bagi budaya Jawa: tanpa mereka, tidak akan ada Indonesia!

12. Legenda Lutung Raksasa

Dalam cerita rakyat Jawa Lutung Raksasa, seekor lutung raksasa dikalahkan oleh seorang pangeran manusia dan pasukannya. Raja hutan dipaksa untuk menjadi pelayan pangeran, tetapi ia masih memiliki satu trik terakhir:

"Dia mengambil beberapa daun dari berbagai pohon di hutan dan memasukkannya ke dalam mulutnya. Dia kemudian meludahkan semua jenis burung - elang, elang, gagak - dan mereka terbang membawa daun-daun itu."

Baca juga: Resep Ketupat Sayur Betawi Super enak untuk Lebaran

13. Legenda Hyang Keprabon dan Kerajaan Kuno Majapahit

Legenda Hyang Keprabon

Hyang Keprabon adalah salah satu dari tiga orang suci kerajaan Jawa, bersama dengan Raja Jayabaya dan Raja Airlangga. Di Indonesia saat ini, ia dikenal sebagai dewa yang melindungi para nelayan dan pelaut. Dia juga bertanggung jawab untuk mengajarkan pertanian kepada manusia sehingga mereka dapat bercocok tanam untuk makanan.

Hyang Keprabon lahir di Majapahit sekitar tahun 1200 Masehi (atau 1178) pada masa kejayaannya di bawah pemerintahan Raja Rajasanagara. Ia dikenal sebagai Pangeran Jaya Kesuma saat lahir;

Namun ketika ibunya meninggal tak lama setelah melahirkannya, ia menjadi yatim piatu dan tidak memiliki anggota keluarga yang masih hidup kecuali ayahnya yang tidak dapat membesarkannya dengan baik karena sibuk memerintah kerajaan mereka saat itu sehingga ia memutuskan akan lebih baik jika ada orang lain yang membesarkannya agar dapat mengajarinya bagaimana menjalani hidup dengan benar sebelum menjadi raja suatu hari nanti ketika ia tumbuh menjadi dewasa, yang terjadi kemudian ketika kedua ayahnya meninggal dan menjadi penguasa di seluruh wilayah yang ada di Indonesia saat ini, saat itu sebelum penjajahan datang dan mengubah segalanya untuk selama-lamanya...

14. Legenda Ondel-Ondel di Betawi, Jakarta

Ondel-ondel adalah tarian tradisional yang dibawakan oleh masyarakat Betawi di Jakarta. Tarian ini dilakukan dengan memegang sebatang bambu di satu tangan dan mengayun-ayunkannya sambil bernyanyi, menari, dan memainkan musik dengan gong. Irama dari pertunjukan ini biasanya disinkronkan dengan beberapa variasi tempo dalam setiap lagu.

Asal mula ondel-ondel berasal dari wayang kulit, di mana para tokohnya menari dengan tongkat panjang sambil menyanyikan kisah-kisahnya kepada para penonton. Seiring berjalannya waktu, hal ini menjadi bentuk hiburan tersendiri yang unik dan terpisah dari pertunjukan wayang kulit karena dapat dilakukan tanpa memerlukan peralatan apapun selain galah bambu!

Artikel lainnya: Penjelasan dan Cara kerja Investasi Reksadana

15. Legenda Bawang Merah dan Bawang Putih di Batavia, Jakarta

Bawang merah dan bawang putih berasal dari Jawa, pulau terbesar di Indonesia. Belanda memperkenalkannya ke Batavia (sekarang Jakarta), dan sejak itu keduanya menjadi bahan utama dalam masakan tradisional Jawa.

16. Legenda Tirto Samodra dan Nasib Blora

Tirto Samodra adalah seorang pahlawan rakyat Jawa yang lahir di Blora, Jawa Tengah. Ia adalah putra dari Dewi Tara dan Bhatara Guru. Tirto Samodra dikatakan telah mendirikan kerajaan Blora dengan saudaranya Anom Swarga (juga dikenal sebagai Sangkalipunan), yang kemudian menjadi dasar kekuasaan keturunannya di Jawa Tengah.

Menurut cerita, Tirto Samodra melakukan banyak petualangan sepanjang hidupnya: dia melawan monster dan setan, menikahi putri-putri dari berbagai kerajaan, mengalahkan raja-raja dalam peperangan sebelum menjadi raja, dan bahkan membantu mendirikan kerajaan di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Thailand!

Namun pada akhirnya, hal ini tidak cukup bagi pahlawan kita - dia menginginkan lebih banyak tantangan sehingga suatu hari dia memutuskan untuk melakukan sebuah petualangan epik: membangun empat menara besar dari pohon bambu dengan hanya menggunakan tali yang terbuat dari sulur-sulur rotan!

17. Legenda Tegallega di Jawa Barat

Legenda Tegallega dan nasi kuning merupakan cerita yang populer di Indonesia. Bercerita tentang bagaimana seorang pria bernama Tegallega dihukum oleh Tuhan karena mencuri di sebuah kuil, dan bagaimana dia menciptakan nasi kuning sebagai penebusan dosa.

Cerita dimulai ketika Tegallega memutuskan untuk mengunjungi temannya yang tinggal di puncak Gunung Salak bersama istrinya.

Selama tinggal di sana, mereka tidak memiliki apa-apa selain nasi putih untuk dimakan setiap hari-dan ini membuat mereka sangat lapar! Jadi suatu hari ketika berjalan-jalan di luar rumah untuk mencari makanan, mereka menemukan jagung kuning yang tumbuh di dekat mereka yang sepertinya bisa dimasak menjadi sesuatu yang lezat (tapi tetap bergizi). Mereka segera membawa pulang semua biji-bijian ini agar mereka bisa membuat bubur kuning yang lezat di kemudian hari...

Bacaan lainnya: Penginapan Murah di Bali Aesthetic

18. Legenda Sangkuriang

Legenda Sangkuriang adalah cerita tentang seorang pria buruk rupa yang menjadi tampan karena jatuh cinta pada seorang wanita cantik.

Legenda Sangkuriang bercerita tentang seorang pemuda tampan yang lahir di Jawa, Indonesia. Dia suka berburu dan memancing, tetapi dia juga senang menghabiskan waktu bersama keluarganya.

Suatu hari, ketika sedang berburu di hutan dekat desa asalnya, Sangkuriang melihat seorang wanita cantik sedang mandi di sungai di dekatnya. Ia bersembunyi di balik semak-semak agar wanita itu tidak melihatnya sedang mandi.

Kemudian dia memutuskan untuk mendekati wanita itu dan meminangnya - dan wanita itu setuju! Mereka pun menikah tak lama kemudian, namun kebahagiaan mereka hanya berlangsung sebentar karena ternyata wanita itu adalah roh jahat yang berniat membunuh semua orang yang berpapasan dengannya (termasuk Sangkuriang yang malang).

19. Legenda Danau Toba.

Ada banyak legenda tentang Danau Toba. Yang paling terkenal adalah kisah tiga bersaudara yang menemukan danau ini ketika mereka sedang berburu di hutan.

Kakak tertua, Batara Guru, sedang berjalan di belakang kedua adiknya ketika ia mendengar mereka berdebat tentang siapa yang akan menjadi yang pertama sampai di rumah dan memberi tahu ayah mereka bahwa mereka telah menemukan sebuah badan air yang luas di daerah ini.

Ia memutuskan untuk berbaring di bawah pohon dan menunggu mereka kembali agar ia dapat mendengar apa yang terjadi selanjutnya!

Ketika kedua adik bungsu itu akhirnya kembali ke rumah dengan membawa berita tentang penemuan mereka, Batara Guru segera mengemasi tasnya dan memulai lagi perjalanannya - kali ini sendirian - ditemani oleh seorang pria tua bernama Raja Ampat yang tahu bagaimana menavigasi dengan bintang-bintang di malam hari (sehingga tidak tersesat).

20. Legenda Gunung Slamet.

Legenda Gunung Slamet, sebuah gunung berapi di provinsi Jawa Tengah, mengisahkan tentang seorang raja yang memiliki seorang putri bernama Dewi Danu. Sang raja meminta putrinya untuk menikah dengan seorang pria yang dapat mendaki Gunung Slamet dan membawa pulang air dari puncaknya.

Banyak pria yang mencoba namun gagal hingga suatu hari Pangeran Samodro mendaki Gunung Slamet dengan kudanya dan membawa turun air di dalam kantungnya. Ia kemudian menikahi Dewi Danu dan mereka hidup bahagia selamanya.

Bacaan lainnya: Business Inquiries Artinya? Cek disini

21. Legenda Tiga Batu yang Hilang.

Legenda Tiga Batu yang Hilang adalah sebuah cerita tentang bagaimana tiga agama besar di Jawa muncul. Kisah ini telah diwariskan dari generasi ke generasi dan masih diceritakan sampai sekarang.

Ceritanya, dahulu ada tiga orang bersaudara yang tinggal di sebuah pulau yang berjauhan satu sama lain. Suatu hari, mereka memutuskan untuk pergi merantau dan mencari peruntungan dengan mencari emas dan permata di berbagai daerah di Indonesia (yang saat itu disebut Sunda).

Saudara pertama melakukan perjalanan ke selatan di sepanjang daerah yang sekarang dikenal sebagai pantai barat Jawa hingga mencapai Palembang di mana ia menemukan debu emas yang tersembunyi di dalam bebatuan di sepanjang tebing tepi sungai dekat Danau Toba; daerah ini kemudian dikenal sebagai Pura Pucak Parahyangan atau Kuil Gunung Parahyangan karena diperkirakan batu-batu tersebut mengandung kekuatan magis yang diberikan oleh roh-roh yang tinggal di dalam lereng-lereng gunung di berbagai pulau di Indonesia - termasuk Bali yang akan kita bahas nanti!

22. Legenda Kancil dan Buaya.

Cerita Jawa ini dimulai dengan seekor kancil yang mengecoh seekor buaya. Anak kancil itu terjebak di gundukan pasir, dan buaya menunggunya tenggelam. Anak itu mengelabui mangsanya agar mengira dia sudah mati dengan berbaring diam dengan satu mata terbuka. Kemudian dia melarikan diri ketika saatnya tiba!

23. Legenda Bocah yang Menjadi Elang

Si Bocah yang Menjadi Elang adalah legenda Jawa yang populer. Bercerita tentang seorang anak laki-laki yang dihukum karena mencuri beras dan kemudian diubah menjadi burung oleh para dewa. Cerita ini telah diceritakan selama bertahun-tahun dan masih diceritakan sampai sekarang, meskipun beberapa bagian dari cerita ini mungkin telah berubah seiring berjalannya waktu.

Cerita ini dimulai dengan dua orang bersaudara bernama Rangga Patih dan Rangga Gede (atau "Rangga Buh" dalam beberapa versi).

Mereka berdua adalah petani yang sangat miskin yang menanam padi bersama di tanah milik ayah mereka. Suatu hari, ketika tiba waktunya untuk memanen padi mereka, mereka pergi ke ladang bersama-sama, namun mereka mendapati bahwa seseorang telah mencuri semua hasil panen mereka pada malam hari!

Hal ini membuat mereka sangat marah karena sekarang tidak akan ada makanan selama musim dingin ketika tidak ada yang tumbuh di ladang di luar kota tempat mereka tinggal; namun mereka tidak tahu siapa yang tega melakukan hal yang jahat seperti itu - jadi mereka memutuskan untuk menghukum diri mereka sendiri!

Baca lainnya: 10 Ide Online Shop Terlaris Saat ini

24. Legenda Kujang

Kujang adalah seorang pahlawan legendaris dalam budaya Jawa. Kujang adalah putra raja Kediri dan cucu dari Panembahan Senopati, seorang penguasa dari Jawa Timur yang berhasil mengalahkan pasukan dari Bali yang dipimpin oleh rajanya pada tahun 1292 Masehi.

Setelah ayahnya wafat, Kujang menjadi raja sendiri dan memerintah selama beberapa tahun hingga ia dikhianati oleh saudara iparnya sendiri, Arya Wiraraja (juga dikenal sebagai "Arya Suraprabu").

Kujang kemudian melarikan diri ke Gunung Kawi di mana ia menemukan sebuah pedang ajaib yang disebut Arca Naga. Dia membawa senjata ini bersamanya ketika dia meninggalkan Gunung Kawi sehingga tidak ada yang bisa melukainya lagi; namun, seiring berjalannya waktu, senjata ini menjadi berkarat karena terpapar udara yang membuatnya sangat berat bagi siapa pun selain Kujang sendiri yang telah dilatih sepanjang masa kecilnya tentang cara terbaik untuk menggunakan senjata semacam itu tanpa melukai diri sendiri dalam situasi pertempuran.

25. Legenda Asal Usul Beras

Dalam legenda Jawa, asal mula beras dikatakan berasal dari makhluk gaib bernama Dewi Sri. Menurut cerita, ia pernah mandi di sungai ketika ia melihat beberapa butir pasir menempel di tubuhnya. Ia mengira bahwa itu adalah butiran emas dan menggunakannya sebagai perhiasan.

Ketika ia pulang ke rumah, suaminya baru menyadari bahwa butiran-butiran pasir tersebut sebenarnya adalah padi yang ia tanam untuk menanam lebih banyak makanan untuk rakyatnya.

Beras telah menjadi bagian penting dari budaya Asia Tenggara selama ribuan tahun karena merupakan salah satu makanan pokok mereka; namun, ada banyak cara berbeda yang dilakukan orang untuk mengolah bahan makanan ini, tergantung di mana mereka tinggal atau jenis beras yang mereka sukai untuk dikonsumsi pada saat-saat tertentu dalam hidup mereka (orang tua vs anak-anak).

Baca lainnya: Rincian Modal Usaha Baju yang perlu Kamu ketahui

Legenda Masyarakat Jawa

Legenda adalah cerita yang menjelaskan bagaimana dunia ini tercipta dan mengapa segala sesuatunya menjadi seperti itu. Legenda bisa jadi benar atau tidak, tetapi sering kali melibatkan makhluk gaib seperti dewa dan dewi.

Legenda Jawa adalah cerita yang telah diwariskan secara turun-temurun. Legenda ini menceritakan tentang pahlawan dan perbuatan mereka, serta makhluk mitos dan makhluk gaib.

Legenda dapat ditemukan di banyak budaya di seluruh dunia, termasuk di Yunani dan Romawi kuno; suku-suku asli Amerika seperti suku Hopi; negara-negara Afrika seperti Nigeria dan Ghana; Cina (di mana mereka disebut dongeng); Jepang (cerita rakyat); India (mitos); Irlandia (cerita rakyat); Skotlandia (tradisi).

Ada banyak legenda di Jawa. Beberapa di antaranya telah dilupakan dan beberapa masih hidup hingga saat ini. Orang Jawa menceritakan kisah-kisah ini untuk mengajarkan pelajaran hidup yang penting, seperti kejujuran dan kebaikan kepada orang lain. Kami harap Anda menikmati belajar tentang kekayaan budaya negara kita yang luar biasa ini!

Masyarakat Jawa memiliki budaya dan sejarah yang kaya, yang tercermin dalam legenda-legenda mereka. Kisah-kisah ini telah diceritakan selama ratusan tahun dan penting untuk memahami siapa orang Jawa saat ini.

Ada banyak jenis legenda yang menceritakan kisah-kisah yang berbeda tentang kehidupan di Indonesia, namun semuanya memiliki satu kesamaan: mereka mengajarkan kita sesuatu tentang diri kita sendiri sebagai manusia!

Masih banyak lagi cerita legenda dalam bahasa jawa seperti;

Legenda Ki Joko Bodo dalam bahasa jawa, Legenda dana toba bahasa jawa, cerita legenda bahasa jawa candi borobudur, cerita legenda rawa pening bahasa jawa, cerita legenda bahasa jawa gunung bromo, legenda takuban perahu.

Kami harap Anda dapat menikmati cerita legenda bahsa Jawa singkat ini dan belajar lebih banyak tentang budaya Indonesia. Ada banyak cerita menakutkan tentang legenda Jawa, tapi ini adalah yang paling terkenal. Dan itulah contoh legenda bahasa jawa.

Sebagai kesimpulan, kita dapat mengatakan bahwa legenda Jawa adalah cerita yang sangat menarik. Cerita ini memiliki banyak variasi dan versi, namun masih berdasarkan pada tema yang sama yaitu cinta dan kesetiaan.

Post a Comment for "25 Cerita Legenda Bahasa Jawa Lengkap"